Cara Mengatasi Tumit Pecah-pecah

Tumit merupakan salah satu bagian pada kaki yang sering bermasalah.

 Salah satu gangguan yang sering terjadi pada tumit adalah kering dan pecah-pecah.

Sebenarnya kondisi tumit yang kering cukup wajar, mengingat kaki tidak memiliki kelenjar minyak alami.

Namun, beberapa kasus ada yang disebabkan oleh penyakit seperti diabetes. Keadaan tumit yang kering ini akan berujung pada kulit yang pecah.

Dalam jangka panjang, kondisi ini dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan. Seperti berdarah, sakit saat berjalan, hingga infeksi.

Tentunya, hal ini akan mengganggu aktivitas kita. Selain itu, tumit pecah-pecah juga akan mempengaruhi rasa percaya diri anda didepan umum.



Untuk mengatasi tumit kering dan pecah-pecah bisa dilakukan sendiri di rumah, tetapi jika kondisinya cukup parah disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis terkait.

Nah, berikut Cara Mengatasi Tumit Pecah-pecah tanpa harus pergi ke dokter.

 1. Minyak

 Cara pertama, anda dapat mengoleskan dan memijat area tumit dengan minyak kelapa, wijen, zaitun, atau minyak almond. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kelembaban kulit pada tumit. Ini dikarenakan minyak tersebut memiliki kandungan Vitamin E yang baik untuk kesehatan dan kelembaban kulit. Agar mendapat hasil terbaik, gunakan setelah mandi atau sebelum tidur.

 2. Gosok Dengan Pumice Stone

 Tumit pecah cenderung memiliki kulit yang kering dan kasar. Salah satu cara menghilangkanya dengan digosok menggunakan amplas kulit. Biasanya amplas kulit alias pumice stone berbahan dasar batu apung. Hal ini mampu mengangkat sel kulit mati dan lapisan kasar pada tumit. Ada baiknya sebelum digosok, terlebih dahulu rendam kaki menggunakan air hangat.

 3. Alpukat

 Alpukat merupakan buah yang cukup umum di Indonesia. Kita dapat menemukan alpukat baik dalam bentuk utuh maupun jus di sekitar tempat tinggal. Nah, alpukat sendiri bisa mengatasi tumit pecah-pecah. Hal ini dikarenakan alpukat memiliki kandungan Vitamin E dan minyak esensial alami yang mampu menjaga kelembaban kulit. Untuk penggunaanya, anda dapat menghaluskan setengah buah alpukat dengan 1 buah pisang. Lalu, dioleskan pada tumit yang pecah-pecah. Diamkan beberapa saat dan bilas dengan air hangat.

 4. Pelembab

 Seperti yang saya tulis diatas, bahwa penyebab tumit pecah-pecah adalah kondisi kulit kaki yang kering. Selain menggunakan bahan alami, anda juga bisa menggunakan pelembab pabrikan untuk mengatasi tumit pecah-pecah. Cukup oleskan pelembab pada area yang pecah-pecah, untuk hasil terbaik diamkan selama satu malam. Disarankan agar ditutup dengan kaus kaki atau penutup lain agar proses penyerapan berjalan maksimal.

 5. Madu

 Sudah sejak lama manusia mengenal madu, bahkan dari zaman Mesir kuno madu sudah digunakan sebagai alat kecantikan. Ternyata, madu juga sangat baik untuk mengatasi tumit pecah-pecah. Madu dapat membantu melembabkan kulit dan menjadi antibakteri alami pada tumit anda. Sama seperti penggunaan pelembab, cukup oleskan madu pada tumit yang pecah-pecah. Tunggu 20-30 menit, kemudian bilas. Bisa juga dioleskan dan didiamkan selama semalam untuk hasil terbaik. Nah, itulah Tips Mengatasi Tumit Pecah-pecah ala Didiarkadi.com.

 Bagaimana? Mudah bukan. Anda bisa menggunakan alat dan bahan sederhana yang bisa ditemukan di rumah. Selamat mencoba.

Previous
« Prev Post