Tips Merawat Baterai Tanam atau Non-Removable Battery.

Baterai merupakan salah satu komponen penting pada smartphone.

 Tanpa sebuah baterai, smartphone tentu tidak akan bisa beroperasi karena tidak memiliki energi.

Semakin berjalanya waktu, berbagai jenis baterai mulai bermunculan. 

Jika dahulu baterai pada handphone bisa dicopot, untuk saat ini mayoritas smartphone menggunakan baterai tanam atau non-removable battery.


Berbeda dengan baterai biasa, baterai sejenis ini tidak bisa dicopot dari body smartphone.

Tentu hal ini akan menyulitkan anda saat terjadi masalah pada beterai.

Nah, bagi anda yang menggunakan smartphone dengan tipe baterai non-removable, sudah saatnya untuk merawat baterai sebaik mungkin.

 Karena, jika sudah terjadi masalah akan sedikit menyulitkan.

Berikut beberapa Tips Merawat Baterai Tanam atau Non-Removable Battery.


1. Jangan Di Isi Secara Berlebihan
Sudah menjadi kebiasaan, sebelum tidur pasti kita akan menancapkan charger ke smartphone. Tujuanya, agar beterai terisi penuh pada keesokan harinya.

Padahal, ini bisa menjadi penyebab kerusakan pada baterai itu sendiri. Karena, jika terlalu lama terisi baterai bisa kembung atau lebih parah lagi meledak.

Seperti yang kita tau, waktu rata-rata tidur sekitar 6-7 jam. Sedangkan, waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk mengisi baterai hingga penuh berkisar 2-4 jam (tergantung kapasitas baterai).

2. Jangan Memaksa Kinerja Baterai

Saat sedang asyik bermain game atau melakukan aktivitas lain, tiba-tiba baterai smartphone melemah, rata-rata pengguna akan melanjutkan aktivitasnya tanpa menghiraukan peringatan low-bat.

Mungkin hal ini terlihat biasa, namun membawa pengaruh buruk untuk baterai anda. Menggunakan smartphone dengan baterai yang sedikit/lemah akan menguras tenaga dari baterai itu sendiri.
Karena itu, segera charge baterai saat sudah dibawah 20%.

3. Gunakan Charger Asli

Saat anda mengisi ulang daya baterai, pastikan juga charger yang digunakan adalah asli/bawaan dari smartphone tersebut. Hindari menggunakan charger dari brand lain atau yang tidak sesuai dengan spesifikasi smartphone anda.

Hal ini dikarenakan, setiap charger memiliki input dan output yang berbeda. Jika tidak sesuai dengan tegangan smartphone anda, tentu akan mengakibatkan kerusakan pada beterai.

4. Hindari Penggunakan Smartphone Saat Dicharge

Hal paling sulit dihindari adalah menggunakan smartphone saat di charge.

 Namun, percaya atau tidak hal ini dapat merusak baterai smartphone anda. Ini disebabkan aliran listrik yang masuk saat pengisian akan langsung keluar karena smartphone digunakan.

Jadi, kurangi menggunakan smartphone saat sedang di charge.

5. Kurangi Penggunaan Power Bank

Salah satu aksesoris wajib dari sebuah smartphone adalah Power Bank.

Aksesoris satu ini sangat membantu saat anda kehabisan baterai ditempat yang tidak memungkinkan untuk menggunakan charger konvensional. Atau, saat kondisi darurat seperti mati lampu.

Namun, penggunaan Power Bank yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan baterai anda. Ini karena, aliran listrik pada Power Bank cenderung kurang stabil. Oleh sebab itu, sebisa mungkin kurangi penggunaan Power Bank saat mengisi daya.

Mungkin cukup sekian postingan mengenai Cara Merawat Baterai non-Removable Pada Smartphone.

 Semoga bermanfaat.

Previous
« Prev Post