Featured Post

Keutamaan Bersedekah

Apa Saja Keutamaan Sedekah dalam Islam? Masih rajin bersedekah? Mungkin terlihat sepele tapi akan menjadi berat jika masih belum terbiasa m...

Cara Mengendalikan Diri Ketika Sedang Emosi

Kebanyakan orang kesulitan atau bahkan tidak bisa menahan emosinya, marah atau emosi adalah salah satu senjata setan untuk mengendalikan manusia, karna ketika marah kita mudah untuk berbicara kasar, menghina, dan berbicara semau kita.

Dan ketika marah juga manusia bisa merusak atau mencari sasaran untuk melampiaskan emosi dan amarahnya, dan ketika hal itu terjadi setan pun sudah sukses mengendalikan manusia yang tidak bisa menahan emosi dan amarahnya.


Mengendalikan Diri Ketika Sedang Emosi

Efek dari emosi dan marah itu sendiri bisa sampai ke balas dendam, kita sebagai manusia harus hati-hati ketika sedang marah jangan sampai terucap kata yang tidak pantas untuk diucapkan apalagi sampai mengucap untuk balas dendam, sangat disayangkan bukan banyak kerugian yang ditimbulkan ketika tidak bisa menahan emosi kita.

Kita sebagai umat islam dianjurkan agar berhati-hati  ketika emosi. Banyak motivasi yang diberikan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam agar umatnya tidak mudah terbawa emosi, salah satunya beliau menjanjikan dalam sabdanya yang ringkas :


“Jangan marah, bagimu surga.” (HR. Thabrani dan dinyatakan shahih dalam kitab shahih At-Targhib no. 2749)

Lalu adakah tips atau cara bagaimana agar kita bisa mengendalikan emosi dan amarah kita ? Tentu saja ada, mari kita simak beberapa poin berikut :

1. Bacalah Ta'awudz
Karna sumber marah adalah setan, sebaiknya kita membaca ta'awudz dan meminta perlindungan kepada Allah dari godaan setan dan agar dilapangkan hati kita.

2. Cobalah Diam dan Jaga Lisan
Ketika kita marah pasti kita ingin berbicara dan melontarkan kata apapun sampai emosi kita mereda, jadi jangan sampai kita mengucap sesuatu yang bisa mengundang murka Allah. Cobalah untuk diam dan tenang.


“Jika kalian marah, diamlah.” (HR. Ahmad dan Syuaib Al-Arnauth menilai Hasan lighairih).

3. Duduk Ketika Marah 
Cobalah untuk duduk ketika sedang emosi atau marah, karna dengan duduk dan marah setidaknya kita bisa mengendalikan tubuh kita agar tidak terbawa emosi dan merusak sesuatu.

Apabila kalian marah, dan dia dalam posisi berdiri, hendaknya dia duduk. Karena dengan itu marahnya bisa hilang. Jika belum juga hilang, hendak dia mengambil posisi tidur. (HR. Ahmad 21348, Abu Daud 4782 dan perawinya dinilai shahih oleh Syuaib Al-Arnauth).

4. Mandilah dan Berwudlu
Cobalah untuk mandi atau mengambil wudlu ketika kita marah dan emosi, karna marah bersumber dari setan, dan setan itu diciptakan dari api jadi padamkan dengan air yang dingin.


Sesungguhnya marah itu dari setan, dan setan diciptakan dari api, dan api bisa dipadamkan dengan air. Apabila kalian marah, hendaknya dia berwudhu. (HR. Ahmad 17985 dan Abu Daud 4784)


Jadi ketika kalian sedang marah atau emosi, cobalah beberapa tips diatas insyaallah emosi kalian akan mereda. Jika ada yang ingin menambahkan silahkan berkomentar dikolom komentar. Terimakasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengendalikan Diri Ketika Sedang Emosi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2